Senin, 10 September 2012

Scroll Mouse Tidak Berfungsi Di Slackware 12

Scroll Mouse Tidak Berfungsi Di Slackware 12
Berakit-rakit kita ke hulu
Berenang-renang ke tepian
Bersakit-sakit dahulu
Bersenang-senang kemudian 
Nah tuh kayaknya bisa jadi gambaran bagi para-para newbie(pemula) dalam menggunakan Linux terutama pada Slackware. Sama dengan halnya saya pun juga mengalami hal yang demikian mulai dari wireless tidak “connect” dan hingga masalah yang terakhir saya alami ini “Scroll mouse tidak berfungsi”, seluruh permasalahan itu saya alami setelah saya selesai menginstall Slackware di laptop kesayanganku ini.
Namun, takdir berkata lain semakin banyaknya permasalahan yang saya alami itu semakin membuat saya terpacu untuk mencari solusi untuk menyelesaikannya, maka dari itu saya juga menghimbau kepada teman-teman se-angkatan. bahwa bila ingin hijrah ke Linux kita harus memiliki modal yang utama yaitu “Sabar” :D
Baiklah!! Untuk kesempatan ini saya ingin memberikan solusi/cara mengatasi “scroll mouse yang tidak berfungsi di slackware 12″, karena pada hari ini juga saya baru dapat menyelesaikan masalah tersebut lewat tutorial-tutorial dan forum slackware yang di kelola mas willy dkk http://slackware.linux.or.id/
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Editlah file berikut;
contoh> # joe /etc/X11/xorg.conf
setelah masuk, kita harus memilih bagian;
Section “InputDevice”
# Identifier and driver
Identifier “Mouse1″
Driver “Mouse”
# On platforms where PnP mouse detection is supported the following
# protocol setting can be used when using a newer PnP mouse:
# Option “Protocol” “Auto”
# The available mouse protocols types that you can set below are:
# Auto BusMouse GlidePoint GlidePointPS/2 IntelliMouse IMPS/2
# Logitech Microsoft MMHitTab MMSeries Mouseman MouseManPlusPS/2
# MouseSystems NetMousePS/2 NetScrollPS/2 OSMouse PS/2 SysMouse
# ThinkingMouse ThinkingMousePS/2 Xqueue
Option “Protocol”
 “PS/2″> diubah menjadi “IMPS/2″
# The mouse device. The device is normally set to /dev/mouse,
# which is usually a symbolic link to the real device.
Option “Buttons” “5″
Option “ZAxisMapping” “4 5″> pada bagian ini merupakan yang paling mutlak maka dari itu pastikan bahwa kita sudah menambahkan file ini.
Option “Device” “/dev/mouse”
# Option “Device” “/dev/psaux”
# Option “Device” “/dev/ttyS0″
# Option “Device” “/dev/ttyS1″
================================
Setelah selesai melakukan konfigurasi, kita keluar dengan menekan “KX” yang berarti kita keluar dan menyimpan perubahan.
Rasakanlah mouse kesayangan anda, kini anda bisa scrolly lagi dengan si ‘dia’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar