Minggu, 09 September 2012

Jenis Desktop Pada Linux


Jenis Desktop Pada Linux
Pada dasarnya linux memiliki 2 jenis variasi desktop, diantaranya: KDE dan GNOME. Berikut ini pembahasan tentang desktop KDE dan GNOME.
A. KDE
KDE (K Desktop Environment) adalah lingkungan desktop yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan perangkat lunak yang bernama Trolltech. KDE dikembangkan tidak hanya untuk linux saja, tapi ada juga yang dikembangkan untuk Solaris,Mac OS X, dan Microsoft Windows.
Keunggulan KDE adalah kemudahan pemakaian, portable,fleksibilitas, dan fasilitas yang lengkap. Kelengkapan fasilitas pada KDE sampai-sampai membuat banyak orang awam menyangka KDE adalah sebuah operating sistem.
Sayangnya KDE tidak berstatus 100% free dan open source. Lisensi open sourcenya adalah open source bersyarat, sehingga berbeda dengan GNU GPL.
Maskot dari proyek KDE adalah naga kecil berwarna hijau yang bernama Kongi.
B. GNOME
GNOME adalah lingkungan desktop lain yang sama dengan KDE namun berbeda dari segi sistem dan kemampuannya. GNOME tidak saja merupakan sebuah window manager, tapi merupakan sebuah sistem desktop yang mudah untuk berinteraksi dengan banyak sistem dan platform.
Hal ini dikarenakan GNOME menggunakan CORBA (Common Object Resource Broker Architecture). GNOME dibuat berdasarkan lisensi GNU, hal ini membuat GNOME lebih diterima dalam dunia open source jika dibandingkan dengan KDE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar